Sabtu, 20 Juli 2024

Bangun Jembatan Emas, Rajut Transisi PAUD ke SD yang Holistik dan Bermakna

Webinar Gelaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Purworejo Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan webinar series 7 tahun 2024. Webinar tersebut dengan tajuk "Membangun Jembatan Emas : Merajut Transisi PAUD ke SD yang Holistik dan Bermakna". Webinar dilaksanakan pada Jumat 19 Juli 2024,  mulai pukul 13.00 - 16.00 WIB, secara online melalui siaran zoom meeting dan live di YouTube.

Webinar ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan wawasan para pemangku kepentingan pendidikan, khususnya guru dan tenaga kependidikan PAUD dan SD, tentang transisi pendidikan anak usia dini ke sekolah dasar yang holistik dan bermakna.

Webinar menghadirkan tiga narasumber yang kompeten di bidangnya, yaitu Dwi Handayani SE MM yang merupakan Kabid Pengembangan Kurikulum Bahasa dan Sastra Disdikbud Purworejo, Umul Hidayah MPd, Ika Mery Widharningsih SPd selaku Pengawas TK/SD Disdikbud Purworejo dan Tri Wahyuni SPd SD yang merupakan guru SDN 1 Jenarwetan Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo. Sementara sebagai moderator yaitu Petty Pujiastuti SPd SD.

Bagian penting dari transisi ini adalah Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Dengan berlandaskan Permendikbud No 18 tahun 2016, MPLS dirancang untuk membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya secara efektif.  Aktivitas dalam MPLS tidak hanya berfokus pada aspek fisik dan keamanan, tetapi juga pada pengembangan motivasi, semangat belajar dan interaksi sosial yang positif antarsiswa.

Dikatakan, MPLS menjadi momen paling seru bagi peserta didik utamanya PAUD ke SD untuk memulai petualangannya di lingkungan belajar yang baru. Melalui webinar ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para peserta, yaitu: memahami pentingnya transisi pendidikan anak usia dini ke sekolah dasar yang holistik dan bermakna, mempelajari strategi dan pendekatan yang tepat dalam merajut transisi PAUD ke SD serta memperoleh tips dan praktik terbaik dalam pelaksanaan transisi PAUD ke SD.

Webinar sendiri terbuka untuk umum dan dapat diikuti secara gratis melalui platform online yang telah disediakan Disdikbud Purworejo. “Mari bersama-sama membangun jembatan emas transisi PAUD ke SD yang holistik dan bermakna untuk anak-anak Indonesia,” pesan para narasumber webinar. (*/kj)

Baca Juga :

4 komentar:

  1. Semoga dengan gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan terwujud generasi.emas yang berkarakter

    BalasHapus
  2. Semoga Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan terwujud dan menjadi salah satu mempersiapkan Generasi Emas Indonesia yang unggul, handal dan berkarakter

    BalasHapus
  3. Transformasi dan perubahan metode pendidikan di lingkungan pendidikan akan berdampak positif pd karakter serta sudut pandang anak terhadap sekolah, yg dulu terkesan monoton skrg menjadi lebih menyenangkan dan sesuai dg umur anak didiknya, selalu semangat utk para tenaga pendidik dimanapun berada selalu pegang teguh prinsip sebagai Pahlawan tanpa tanda jasa utk mengantarkan para penerus perjuangan Bangsa.

    BalasHapus
  4. Saya berharap sekolah terus menyelenggarakan MPLS yang menyenangkan dan edukatif untuk membantu anak-anak beradaptasi dengan lingkungan baru.

    BalasHapus

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM