Sabtu, 17 Agustus 2024

Antusiasnya Warga Desa Loning Memperingati HUT ke-79 RI

Desa Loning Punya Pejuang, Kegiatan HUT RI Sudah Jadi Tradisi 

Kades Loning, Subur, memimpin karnaval memperingati HUT ke-79 RI
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Pemerintah Desa Loning Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo menggelar berbagai kegiatan dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia tahun 2024 ini. Seperti pada Sabtu 17 Agustus 2024, diawali dengan upacara bendera di SDN Loning, di mana upacara diikuti siswa siswi maupun Bapak dan Ibu guru SDN Loning. Upacara bendera tepat dimulai pukul 07.00 WIB, dipimpin Kepala SDN Loning Suharini SPd. Kemudian dilanjutkan karnaval tingkat Desa Loning, yang diikuti sembilan RT, dua RT pada empat pedukuhan. Karnaval langsung dipimpin kepala Desa Loning, Subur, yang begitu antusias memperingati HUT RI. 

kepada media ini, kepala SDN Loning Suharini mengatakan, anak-anak didiknya semangat dalam mengikuti upacara, termasuk antusias dengan mengenai berbagai kreasi kostum karnaval. 

Tabur bunga di makam pejuang Desa Loning Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo
"Ada juga kegiatan tabur bunga, yang kemudian dilanjutkan karnaval yang diikuti seluruh masyarakat Desa Loning. Start dari SDN Loning," ungkap Suharini.  "Untuk tabur bunga di makam tokoh Desa Loning yang dulu adalah pejuang kemerdekaan Republik Indonesia," imbuh Suharini. 

Masih kata Suharini, pihaknya sangat mendukung rangkaian kegiatan HUT ke-79 RI di Desa Loning, merupakan momen yang sangat penting bagi anak-anak didik  untuk mengenang para pahlawan yang telah mendahului, para pahlawan yang berjuang dan membela tanah air.  "Kami sangat mengapresiasi kegiatan sangat luar biasa ini, masyarakat Loning semua terlibat. Sangat kompak," terang Suharini. 

Sementara pihak panitia HUT ke-79 RI di Desa Loning mengutarakan, setiap memperingati HUT RI, membentuk kepanitiaan di luar aparatus sipil negara (ASN), termasuk di tahun 2024 ini. "kami membentuk panitia, termasuk untuk karnaval yang diikuti sembilan RT, dua RW pada empat dusun di Desa Loning. Itu dilombakan, dan juga gebyar lingkungan juga dilombakan. Kerja sama yang baik antara panitia desa dengan pihak SD, semua berjalan lancar,"  terang panitia HUT ke-79 RI Desa Loning kepada KabarJateng.  "Setiap kelompok yang ikut karnaval, menyajikan kreasi-kreasi atau tampilan yang unik. Kegiatan HUT RI seperti ini,  sudah dari zaman dahulu saat masih Sekolah Rakyat (SR), sampai sekarang HUT RI yang  ke-79, kegiatan-kegiatan selalu digelar," terang panitia kembali. 

Sedangkan Kepala Desa Loning Subur berpesan kepada masyarakatnya, untuk meneruskan perjuangan dari para pendahulu. “Masyarakat semangat dengan kepedulian tinggi. Mari kita teruskan perjuangan para pejuang atau para pendahulu  yang telah membela tanah air. Di Desa Loning ada pejuang yang gugur di medan perang yaitu Ambyah bin Maksu, Wagiman bin Atmoglepot, pada aaktu itu dipimpin oleh Kapten Tumiran, beliau warga Desa Loning. Maka masyarakat Loning sangat menjunjung tinggi dan mengenang pahlawan kami Desa Loning," terang Subur.

“Memperingati kemerdekaan setiap 17 Agustus, sudah menjadi tradisi maupun adat dan digabung dengan SD atau kalau dulu SR. Kerja sama sudah dulu terjalin sampai sekarang ini yang ke-79,” tegas Subur. (*) 

 

reporter   : ngabdiri koim

foto-foto  : ngabdiri koim

editor      : tomo widodo 

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM