Kamis, 01 Agustus 2024

Pelajar MTsN 1 Banyuwangi Antusias Ikuti Praktek Liputan

 Pelatihan Jurnalistik Gelaran KJJT Wilayah Banyuwangi

BANYUWANGI, KABARJATIM.CO.ID - Komunitas Jurnalis Jawa Timur (KJJT) wilayah Banyuwangi kembali menggelar pelatihan jurnalistik sekaligus praktek menulis berita. Setelah melakukan edukasi di beberapa SMP negeri, kali ini giliran pelajar MTsN 1 Banyuwangi mendapatkan program edukasi Jurnalistik, Kamis (25/7/2024) pagi. Sebanyak 38 pelajar yang tergabung dalam ekstrakurikuler jurnalistik mengikuti kegiatan tersebut. Bertempat di Aula Ma'had sekolah, kegiatan itu dibuka Kepala MTsN 1 Banyuwangi H Munawar Effendi SPd MPdI. Munawar Effendi mengungkapkan apresiasi terhadap inisiatif Komunitas Jurnalis Jawa Timur (KJJT) wilayah Banyuwangi. “Kami sangat mendukung kegiatan ini, harapannya para siswa dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik. Pelatihan ini adalah kesempatan berharga bagi mereka untuk belajar dan mengembangkan keterampilan dibidang jurnalistik,” kata Munawar Effendi. 
Narasumber dari KJJT Banyuwangi, Joko Wiyono, menyampaikan pemaparan tentang dasar-dasar jurnalistik, mengenalkan profesi jurnalis, serta menjelaskan tugas dan tanggung jawab seorang jurnalis. Selain itu, ia juga membimbing para peserta cara dalam menggali data, seperti teknik wawancara dan mengolahnya menjadi informasi yang layak dipublikasikan. "Pelatihan ini, bertujuan memberikan pengetahuan dan memperdalam keterampilan dasar-dasar jurnalistik kepada para pelajar. Sehingga mereka lebih memahami dunia jurnalistik, tulisan yang bertanggung jawab dan mampu mengembangkan potensi diri mereka di bidang literasi," ujar Joko Wiyono. 
Selain pemaparan teori dasar, pelatihan ini juga diisi dengan sesi praktik membuat berita yang diikuti dengan antusias oleh para peserta. Dengan didampingi oleh pembina ekskul jurnalistik, Ibu Linda, para peserta diberi tugas untuk membuat berita yang menarik dan edukatif, yang siap untuk dipublikasikan dan dibaca oleh khalayak umum. "Alhamdulillah, anak-anak lebih memahami dan mengerti teknik-teknik praktis dalam membuat berita. Selain teknik reportase yang telah mereka praktekkan selama ini," ungkap Linda selaku guru pembimbing ekskul. 
"Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para siswa dapat lebih siap dan terampil dalam menyampaikan informasi secara akurat dan bertanggung jawab," sambungnya. Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja KJJT, dalam rangka untuk mendukung pendidikan dan pengembangan keterampilan jurnalistik di kalangan pelajar di Jawa Timur, khususnya di Kabupaten Banyuwangi. (*/kj) 


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM