Selasa, 13 Agustus 2024

PPAD Sumbang 160 Ribu Pohon ke IKN

Donald Sitorus : Mari Berpartisipasi dalam Bidang Apapun

Penyerahan bibit pohon dari PPAD
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID - Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat (PPAD) adalah salah satu komponen masyarakat dengan salah satu ikonnya menjaga kelestarian lingkungan hidup. Mimpi Bangsa Indonesia ini untuk Ibu Kota Nusantara (IKN), adalah smart forest city, kota yang ramah lingkungan. Luas IKN lebih kurang 460 ribu hektare, hanya sekira 30% yang digunakan membangun infrastruktur, sisanya tetap hutan.

Lahan seluas itu berasal dari pemanfaatan hak guna usaha (HGU) perkebunan dan kehutanan, justru akan dihutankan kembali. Keliru orang tertentu yang menyatakan membangun IKN dengan merambah hutan perawan. Hal tersebut hanya pendapat para sinisme kepada pemerintah yang pesimis.

Mayjen (purn) Komaruddin Simanjuntak
Ketua PPAD Mayjen (purn) Komaruddin Simanjuntak yang hadir dari Jakarta menyatakan, pelestarian alam ini adalah salah satu ikon PPAD yg telah dirintis mantan Ketua PPAD  (alm) Letjen (purn) Doni Monardo. “Kita harus berbuat untuk dunia dan bangsa ini melalui penanaman pohon. Jangan hanya bersungut-sungut dengan membuat berita miring," kata Komaruddin Simanjuntak.  

Pohon yang sebanyak 160 ribu itu, diterima perwakilan Kementerian PUPR, Armen Sigalingging, pada  Senin 12 Agustus 2024. "Jangan sampai ada yang mati, harus tumbuh semua, diharapkan personel Kodam VI/Mlw turut mengawasi," tegas Komaruddin Simanjutak. Pihak Kemenetrian PUPR mengucapkan terima kasih banyak atas partipasi PPAD, partisipasi tanpa imbalan. Diharapkan, ada masyarakat perorangan atau organisasi lain yang mau meniru PPAD ini. Pangdam VI/Mlw yang diwakili oleh Irdam Brigjen TNI Udiyanto berjanji turut bertanggung jawab terhadap sumbangan ini. Jika  ada penambahan pohon masih diterima, untuk disumbangkan demi penghijauan kawasan IKN.

Sementara itu, Kol (purn) Donald Sitorus yang juga anggota PPAD Kaltim hadir  pada kegiatan penyerahan nursery dan bibit tanaman PPAD ke BBPJN Kaltim – Kementerian PUPR.  Dia berpendapat, membangun sebuah rumah saja sulit, apalagi membangun sebuah kota. “Mari kita berpartisipasi di bidang apapun seperti yang dilakukan PPAD ini,” pesan Donald Sitorus. Turut hadir pula istri almarhum Doni Monardo yaitu Santi Monardo, turut terharu atas karya suaminya yang telah meninggal tahun lalu. (*/kg)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM