Sabtu, 28 September 2024

Warsubi - Salman Disambut Gembira Petani Gapoktan

 Siap Perjuangkan Keluhan Petani Kabupaten Jombang

JOMBANG, KABARJATIM.CO.ID - Kandidat pasangan calon (paslon) nomor urut 2 Bupati Jombang, Jatim, H Warsubi - H Salmanuddin Yazid yang disingkat "Warsa" disambut gembira para petani yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) saat berkunjung di Desa Brangkal Kecamatan Bandar Kedungmulyo Kabupaten Jombang, Jumat 27 September 2024. Saat bertemu langsung dengan para petani ini, Warsubi-Salman mendapat berbagai keluhan mulai masalah saluran irigasi hingga pupuk subsidi. Warsubi menangkap persoalan yang dikeluhkan petani selain soal pupuk juga pembangunan jaringan irigasi dan jalan usaha tani yang seharusnya menjadi wewenang pemerintah kabupaten. "Pemerintah kabupaten ini harusnya bisa melakukan pengembangan dan pengelolaan sistem irigasi primer dan sekunder pada daerah irigasi yang luasnnya kurang dari 1000 ha dalam 1 (satu) daerah kabupaten/kota. Sudah ada aturan yang mengatur itu," ungkap Warsubi yang dikerubuti petani Gapoktan untuk berjabat tangan satu per satu. Sedangkan pupuk bersubsidi, Warsubi menilai memang ada aturan-aturan yang membatasi tergantung area tanah yang dikerjakan. Tapi persoalan ini bukan tidak mungkin untuk dijawab dan diselesaikan oleh pemerintah kabupaten (pemkab). "Dalam program kerja kami jika terpilih, akan ada yang namanya optimalisasi penyediaan dan penyaluran pupuk subsidi. Nah ini kami juga perlu bekerja sama dengan Gapoktan agar pupuk bersubsidi ini bisa sampai langsung ke tangan petani," jelasnya. 

Lebih jauh Warsubi mengatakan, pihaknya ingin mulai kembali memasyarakatkan pupuk organik dengan harga yang murah tapi berkualitas dan menyehatkan tanah, dan harusnya sudah jadi andalan para petani Jombang hari ini. "Saya dan Gus Salman ini sebenarnya sudah memiliki pengalaman dalam menggencarkan penggunaan pupuk organik. Memang butuh waktu tapi penggunaan pupuk organik dalam jangka panjang ini berdampak pada kesehatan tanah dan hasilnya juga lebih bagus," jelasnya. 

Warsubi merupakan lulusan D3 Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang. Berbekal pendidikannya itu ia bekerja sama dengan Ciel Samsung Astra memasyarakatkan pupuk cair organik ke masyarakat. "Mengajak masyarakat menggunakan pupuk organik ini sebenarnya masih susah, karena mereka terbiasa menggunakan pupuk kimia yang hasilnya instan. Tapi bukan tidak mungkin. Biar tanah kita ini bisa sehat lagi, produksi juga meningkat," tambahnya. Hal senada juga dilakukan Gus Salman. Ketika menjabat menjadi Ketua Tafidziah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Jombang, Gus Salman pernah menjadi pencetus PCO (pupuk cair organik) yang didistribusikan ke kelompok-kelompok tani melalui badan usaha PCNU Jombang, yakni CV NU Mandiri. 

"Iya, kami juga pernah bekerja sama dengan dinas pertanian Jombang waktu itu. Karena memang penggunaan PCO berdampak bagus pada hasil panen. Ketika dimasak pun nasi jadi tidak mudah basi," ujar Gus Salman. Warsubi-Salman yang diusung Partai Koalisi Gerindra, PKB, Partai Golkar, PKS, Nasdem, PAN, Gelora dan PSI ini menambahkan, ke depannya akan ada program untuk para petani Jombang yang bisa meningkatkan kualitas produk sekaligus kesejahteraan petani Jombang. "Akan ada program pengembangan lumbung desa dan dana talangan untuk petani. Ada pula program penguatan petugas penyuluh lapangan (PPL) serta program pengembangan kawasan pertanian, peternakan dan perikanan serta pangan sehat. Ini agar Jombang yang merupakan salah satu lumbung padinya Jawa Timur ini bisa bangkit kembali dan berjaya," pungkasnya. (agus pamuji)

 

Teks Foto : DISAMBUT GEMBIRA : Paslon Bupati dan Wakil Bupati Warsubi-Gus Salman disambut gembira para petani Gapoktan saat berkunjung di Desa Brangkal dalam memulai jadwal masa kampanyenya

 

 

 

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM