Selasa, 17 September 2024

Optimalkan Penyediaan Air Bersih di Kabupaten Purworejo

Program Pusat, Anggaran Rp 23,3 miliar untuk 5.596 Sambungan Pipa

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH secara resmi membuka sosialisasi percepatan sambungan rumah di Pendopo Kawedanan Kutoarjo, Selasa (17/9/2024). Hadir dalam acara tersebut Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Tengah Afi Trianto ST MT, Satker Pelaksana Pemukiman Wilayah Jateng Ika Woro Susanti ST, Direktur PT Tirta Utama, Asisten II Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs Bambang Susilo serta pimpinan Perangkat Daerah terkait. Bupati menyampaikan bahwa air bersih adalah kebutuhan dasar manusia, dan penyediaannya merupakan salah satu prioritas utama dalam pembangunan di tingkat nasional maupun daerah. 
“Di Kabupaten Purworejo sendiri, kita menyadari bahwa masih ada beberapa wilayah yang mengalami kesulitan dalam mendapatkan air bersih. Kondisi ini tentu saja menjadi tantangan yang harus segera kita atasi bersama,” ungkapnya. Ia menjelaskan, melalui Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2024 tentang Percepatan Penyediaan Air Minum dan Layanan Pengelolaan Air Limbah Domestik, pemerintah menegaskan komitmennya untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap air bersih yang layak, sehat, dan aman, terutama di daerah-daerah yang masih menghadapi kendala dalam hal ketersediaan dan kualitas air. “Program percepatan air minum ini, hadir sebagai solusi untuk memastikan seluruh masyarakat dapat menikmati hak mereka atas akses air bersih, sebagai bagian dari upaya kita untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat,” jelasnya. 
Bupati juga menambahkan bahwa implementasi Inpres tidak semata-mata diberikan oleh pemerintah pusat, tapi ada koordinasi intensif antara perangkat daerah terkait seperti Bappedalitbang, DPUPR, Setda dan Perumda Tirta Perwitasari. Selain itu juga sudah melaksanakan proses survei yang matang untuk mendapatkan database dan telah diverifikasi bersama Inspektorat. 
"Kepada Kepala Desa dan Lurah yang wilayahnya memperoleh program ini, saya minta agar dapat mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat," imbuhnya. Sementara Dirut PDAM Tirta Perwitasari Kabupaten Purworejo Hermawan Wahyu Utomo MSi menjelaskan, program dari pemerintah pusat ini ditujukan untuk 5 Kecamatan di Kabupaten Purworejo dengan total anggaran yaitu Rp 23,3 miliar untuk menyambungkan 5.596 sambungan pipa. 
“Program ini adalah instruksi Presiden sebagaimana diberikan untuk Kabupaten Purworejo. Tentu ini perlu kerja keras kita bersama dalam rangka program untuk air bersih bagi masyarakat di Kabupaten Purworejo,” jelas Hermawan. Ia juga menambahkan, saluran pipa ini dikerjakan dalam kurun waktu 3 bulan dengan panjang pipa 331 km, melintasi 5 kecamatan yaitu Kecamatan Kutoarjo, Grabag, Pituruh, Butuh dan Kemiri. (*/kj)
 
Sumber : Prokopim


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM