Sabtu, 14 September 2024

Mengenal Pendidikan Politik di SMK TI Kartika Cendekia Purworejo

Ratusan Pemilih Pemula Siap Gunakan Hak Pilih pada Pilkada Serentak  

Kepala SMK TI  Kartika Cendekia Purworejo Agus Ardianto bersama kabarjateng (koim/kj)
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - Pendidikan politik juga diberikan bagi para siswa di SMK TI Kartika Cendekia  Purworejo yang beralamat di Jalan WR Supratman No19 Kampung Ngentak Kelurahan Baledono Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Kepala SMK TI Kartika Cendekia Purworejo Agus Setya Ardianto AMd, memperhatikan berbagai aspek kehidupan agar para lulusan di sekolahannya, nantinya benar-benar siap terjun di masyarakat maupun dunia pekerjaan. Tak luput mengenai pendidikan politik. "Kan ada program P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) di sekolah. Salah satunya, seperti suara demokrasi. Kami berikan pembelajaran, apalagi siswa-siswi SMK ini kan, sudah masuk pemilih pemula yaitu berusia 17 tahun," sebut Agus Ardianto ditemui kabarjateng di ruang kerjanya, baru-baru ini. 

"Suara demokrasi yang merupakan pendidikan politik, para siswa sudah belajar dan praktek seperti dalam pemilihan Ketua OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah), pemilihan kepengurusan dalam Pramuka, pemilihan pengurus kelas maupun kelembagaan lainnya di sekolah," beber Agus Ardianto yang merupakan mantan Ketua Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Purworejo. 

Dia menyebut, di SMK TI Kartika Cendekia Purworejo terdapat ratusan pemilih pemula yang akan mengikuti pilkada serentak, baik itu pemilihan Gubernur Jateng maupun pemilihan Bupati Purworejo. "Untuk kelas 12, ada 134 pemilih. Di kelas 11, juga ada," terang dia. 

"Melalui lembaga atau pihak-pihak terkait, juga dilakukan kerja sama dalam hal pendidikan politik.  Termasuk Dukcapil Kabupaten Purworejo, juga memberikan perhatian bagi para siswa yang sudah berusia 17 tahun dan melakukan perekaman e-KTP," jelas Agus. 

"Kami juga menekankan, bagi siswa-siswi yang merupakan pemilih pemula agar menggunakan hak pilihnya sesuai hati nuraninya masing-masing. Jangan golput, silakan salurkan hak pilihnya dengan baik, bersama sukseskan pelaksanaan pilkada," tutup Agus. (kj)

 

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM