Kamis, 10 Oktober 2024

Melihat Desa Maju dan Mandiri di Kabupaten Banyuwangi

Inovasi dan Kinerja Positif Pemkab Banyuwangi

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa
BANYUWANGI, KABARJATIM.CO.ID – Tak bisa dipungkiri, prestasi dan kemajuan Kabupaten Banyuwangi pada berbagai bidang,  juga buah kinerja positif dan inovasi-inovasi dari Bupati Banyuwangi.  Melalui berbagai dinas terkait, program-program berjalan dengan baik, membawa kemajuan bagi Kabupaten Banyuwangi dan peningkatan kesejahteraan masyarakatnya.

Salah satunya, terlihat apda Indeks Desa Membangun (IDM), Kabupaten Banyuwangi meningkat dari skor 0,8587 pada tahun 2022 menjadi sebesar 0,8770 pada tahun 2023. Dan pada tahun 2022, di Kabupaten Banyuwangi sudah tidak ada lagi Desa Berkembang, yang ada hanya Desa Maju dan Mandiri. Informasi yang dihimpun media ini, Kabupaten Banyuwangi menempatkan desanya dalam jajaran 10 Desa Terbaik Nasional. Bahkan di tahun 2023, Desa Mandiri di Kabupaten Banyuwangi mencapai 85,71% dari 189 desa di Kabupaten Banyuwangi. 

Contoh desa di Kabupaten Banyuwangi, yang masuk peringkat lima tertinggi status Indeks Desa Membangun (IDM) Mandiri Nasional. Dua desa tersebut, Desa Genteng Kulon dan Genteng Wetan yang semuanya berada di wilayah Kecamatan Genteng. Desa mandiri adalah desa maju yang memiliki kemampuan melaksanakan pembangunan desa untuk peningkatan kualitas hidup serta kesejahteraan masyarakatnya, dengan ketahanan ekonomi dan ketahanan ekologi (lingkungan) secara berkelanjutan. Berdasarkan data IDM Tahun 2021, sebanyak 89 desa di Banyuwangi dinyatakan sebagai desa mandiri. Dua di antaranya, Desa Genteng Kulon menduduki peringkat kedua nasional dengan skor 0,9924; sementara Desa Genteng Wetan di posisi kelima dengan skor 0,9867. Hal itu tertuang dalam SK Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan Nomor 398.4.1/2021, tentang Perubahan Keempat Atas Keputusan Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Nomor 30/2016 Tentang Status Kemajuan dan Kemandirian Desa. 

Keberhasilan Pemkab Banyuwangi itu, juga kinerja positif pada jajaran Dinas Pemberdayan Masyarakat dan Desa Kabupaten Banyuwang. (*/sigit sentiko)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM