PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 5 Purwokerto
menggelar pelatihan dan pembinaan frontliner bagi petugas loket,
customer service, dan announcer. Kegiatan ini bertujuan
meningkatkan kualitas layanan serta profesionalisme dalam menghadapi
pelanggan, terutama menjelang periode Angkutan Lebaran.
Manager Humas KAI Daop 5 Purwokerto, Krisbiyantoro, menegaskan bahwa
pelatihan ini merupakan langkah strategis untuk memastikan layanan yang
semakin baik dan profesional.
“Kami ingin seluruh petugas di garda terdepan memiliki pemahaman yang kuat tentang standar pelayanan. Target kami adalah zero complaint selama Angkutan Lebaran tahun ini, sehingga penting bagi frontliner untuk menguasai kembali tugas dan tanggung jawab mereka,” ujarnya.
Sebagai panduan dalam memberikan pelayanan prima, pelatihan ini juga
mengenalkan konsep MASK (Mindset, Attitude, Skill, Knowledge) kepada
peserta.
“Satu keluhan pelanggan yang tidak ditangani dengan baik bisa berkembang
menjadi masalah besar. Oleh karena itu, setiap frontliner harus
memiliki pola pikir yang berorientasi pada pelayanan, sikap profesional,
keterampilan yang terus diasah serta wawasan yang luas,” tambah
Krisbiyantoro.
PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 5 (Daop 5) Purwokerto
menyediakan layanan loket tiket dan customer service di beberapa stasiun
utama untuk memudahkan pelanggan dalam memperoleh informasi dan layanan
terkait perjalanan kereta api. Sebagai informasi, loket di stasiun
hanya melayani pembelian tiket untuk keberangkatan dalam waktu 3 jam
sebelum jadwal perjalanan kereta. Untuk pemesanan tiket, pelanggan dapat
menggunakan aplikasi Access by KAI atau melalui mitra resmi KAI yang
telah bekerja sama.
Berikut adalah daftar stasiun yang menyediakan layanan tersebut beserta
jam operasionalnya :
- Stasiun Slawi waktu pelayanan loket 06.00 s.d 21.00 WIB
- Stasiun Cilacap waktu pelayanan loket 05.00 s.d 07.00 wib dan 10.00 s.d 17.30 WIB
- Stasiun Bumiayu waktu pelayanan loket 05.30 s.d 18.30 WIB
- Stasiun Maos waktu pelayanan loket 06.00 s.d 18.00 WIB
- Stasiun Sidareja waktu pelayanan loket 07.30 s.d 18.30 WIB
- Stasiun Kroya waktu pelayanan loket 24 jam, waktu pelayanan customer service 06.00 s.d 20.00 WIB
- Stasiun Kutoarjo waktu pelayanan loket 24 jam, waktu pelayanan customer service 06.00 s.d 22.00 WIB
- Stasiun Gombong waktu pelayanan loket 06.00 s.d 22.00 WIB, waktu pelayanan customer service 08.00 s.d 16.00 WIB
- Stasun Purwokerto waktu pelayanan loket 24 jam, waktu pelayanan customer service 06.00 s.d 21.00 WIB
- Stasiun Kebumen waktu pelayanan loket 05.00 s.d 21.00 WIB, waktu pelayanan customer service 06.00 s.d 21.00 WIB
Dengan adanya pelatihan ini, KAI Daop 5 Purwokerto berharap para petugas
frontliner dapat memberikan pelayanan yang lebih profesional, ramah dan responsif terhadap kebutuhan pelanggan. KAI terus berkomitmen untuk
meningkatkan kualitas layanan guna menciptakan pengalaman perjalanan
yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi seluruh pengguna jasa kereta
api. (*/kj)
Baca Juga :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar